10 Gejala Penyakit Diabetes Yang Perlu Diketahui


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Penyakit Diabetes saat ini banyak di derita oleh orang-orang yang kurang memperhatikan pola konsumsi gula sehari-hari sehingga menyebabkan menumpuknya kadar gula dalam darah yang berada di atas batas normal sehingga menyebabkan penyakit gula yang bersifat kronis dan berjangka panjang dalam proses penyembuhannya. Ketika dalam kondisi normal gula bersifat sebagai sumber energi utama sel-sel dalam tubuh, membentuk jaringan sel saraf pada otak.
       Dengan kondisi gejala yang hampir mirip dengan gejala penyakit biasa terkadang kita terlena dan terlambat dalam mengetahui penyakit Diabetes, alangkah baiknya segera ketahui kadar gula dalam tubuh anda sebelum anda mengalami penyakit  Diabetes dengan kadar gula yg sangat tinggi sehingga dapat juga menjadikan penyakit komplikasi dll. Maka agar kita dapat mengetahui kadar gula dalam tubuh kita segeralah periksa ke dokter terdekat.




Di indonesia sendiri hampir 60% atau sekitar 8 Juta orang penduduk indonesia menderita penyakit diabetes karena  kurangnya kesadaran mereka tentang penyakit ini dengan  rata-rata usia 20-65 Tahun maka dari itu kurangi konsumsi gula makanan manis, minuman bersoda dll.

Berikut Adalah 10 Gejala penyakitit Diabetes Versi solusisederhana.com :

1. Sering Buang Air Kecil
Biasanya gejala ini adalah gejala awal dari penyakit diabetes, banyak masyarakat yang mengenali gejala ini sebelum terjangkit alangkah lebih baiknya agar memeriksakan kadar gula dalam tubuh.

2. Meningkatnya Konsumsi Minum Air
Hal ini sangat berhubungan dengan gejala awal terjangkit penyakit diabetes yakni Sering Buang Air Kecil otomatis konsumsi minum air juga mengalami kenaikan karena tubuh membutuhkan asupan cairan lebih yang sudah terbuang pada saat Buang air kecil.

3. Berkurangnya Pandangan Penglihatan
Biasanya terjadi karena kadar gula yang semakin meningkat sehingga menyebabkan cairan pembuluh darah yang menuju mata terbatasi sehingga menyebabkan lensa mata berubah bentuk dan juga merubah penglihatan kita menjadi agak terganggu atau kabur.

4. Kondisi Berat Badan Menurun
Berat badan menurun dengan jangka waktu yg sering bisa menjadi salah satu faktor gejala penyakit Diabetes karena kadar gula atau glukosa tidak bisa diserap secara optimal oleh tubuh selain itu juga karena faktor hormon insulin yang tidak bekerja dengan baik sehingga tubuh mulai menggambil sumber energi lain seperti protein dan karbohidrat.

5. Penyembuhan luka yang lama
Proses penyembuhan luka yang lama baik luka karena goresan benda tajam atau karena di gigit serangga bisa menjadi salah satu faktor gejala penyakit diabetes karena kadar gula dalam tubuh menjadikan sistem kekebalan imun tubuh menjadi tidak berfungsi dengan baik atau tidak normal, serta terjadinya rusak pembuluh darah karena kadar gula yang tinggi sehingga menyebabkan pembuluh darah yg awalnya membawa darah agar bisa menyembuhkan penyakit menjadi terganggu karena rusak menjadikan lama nya proses penyembuhan luka.




6. Mengeringnya Bagian Bibir dan Kulit
     Proses mengeringnya bagian bibir dan kulit menjadi salah satu faktor gejala penyakit diabetes, hal ini dikarenakan tubuh kehilangan banyak cairan tubuh karena banyak mengeluarkan air seni.

7. Kesemutan pada tangan dan kaki
         Ini menjadi faktor terjadinya gejala penyakit diabetes, sering mengalami kesemutan karena tekanan gula dalam darah sehingga membuat darah menjadi tidak lancar bahkan juga bisa menjadikan terjadinya pembengkakan pada kaki ataupun tangan.

8. Kekurangan Tenaga (Lemas)
    Faktor ini menjadi salah satu gejala penyakit diabetes lemas biasanya terjadi karena kurangnya asupan glukosa yang bisa diproses menjadi energi karena ketika kadar gula dalam darah naik maka semakin sedikit glukosa yang menjadi energi, hal lain yang menyebabkan lemas karena kurangnya banyak cairan tubuh dan stamina sehingga membuat badan lesu.

9. Bertambahnya Nafsu Makan
     Hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes walaupun nafsu makan bertambah berat badan orang yg mengalami penyakit diabetes tidak akan bertambah karena berkurangnya kadar gula dalam tubuh walaupun kadar gula dalam darah sangat tinggi sehingga membuat tubuh kekurangan tenaga dan energi sehingga membuat rasa lapar semakin cepat karena proses produksi hormon insulin yang terganggu dan menyebabkan kebutuhan tenaga serta energi dalam tubuh tidak terpenuhi.

10. Terjadinya Kerusakan Pada Saraf
       Penyakit diabetes ternyata dapat menjadikan kerusakan pada saraf kita, karena rusaknya sistem saraf dapat mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah pada tubuh terutama disekitar sel saraf mata dan telingga sehingga dapat menimbulkan penglihatan yg kurang, serta terganggunga sistem pendengaran pada telinga.Kerusakan sel saraf pada diabetes biasa disebut juga "Neuropati" gangguan syaraf karena diabetes juga menimbulkan kerusakan saraf motorik dan saraf sensorik.

Sebenarnya penyakit diabetes dapat kita hindari yakni dengan kita mengatur pola makan dan minum, kurangi konsumsi minuman manis setelah selesai makan sehingga kadar gula pada nasi tidak bertambah karena tidak meminum minuman manis, selain itu berolahraga juga dapat menjadi salah satu alternatif agar tidak terkena penyakit diabetes.
      Penanganan dan pencegahan baik sesudah ataupun setelah terjangkit penyakit ini sangat diperlukan karena melihat efek penyakit ini yang memiliki jangka waktu penyembuhan yang lama dan bisa bersifat kronis alangkah baiknya cek kadar gula dalam tubuh. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

         SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon