12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Jahe tentunya sudah tidak asing lagi di kepala kita ketika mendengar nama itu, tanaman herbal satu ini banyak dijadikan masyarakat sebagai bahan bumbu masak, obat penyembuh penyakit dan masih banyak lainnya. Jahe sendiri sudah dikenal banyak orang ratusan tahun yang lalu, jahe sendiri adalah salah satu tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan berkembang di berbagai negara salah satunya adalah Negara Indonesia .

Aroma Jahe yang khas serta salah satu khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh menjadikan jahe banyak di konsumsi masyarakat baik sebagai bumbu campuran dalam sebuah makanan ataupun sebagai minuman yang biasa dikenal banyak masyarakat sebagai wedang jahe, ternyata dalam jahe terdapat sebuah senyawa kimia yang mampu mengurangi rasa mual, nyeri serta dapat menghangatkan  tubuh.



Berikut adalah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh versi solusisederhana.com :

1. Dapat Mengurangi Rasa Mual Dan Muntah
Aroma jahe yang khas menjadikan jahe dapat membuat fikiran jadi rileks, menenangkan serta mengurangi rasa mual dan muntah, biasanya diolah menjadi minuman wedang jahe sehingga bisa membuat badan hangat.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe memiliki kandungan phenolic yang berfungsi sebagai media untuk meredakan gejala penyakit pencernaan seperti perut kembung, sembelit, asam lambung, meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur mencegah terjadi kontraksi pada perut, jahe biasa juga disebut sebagai carminative yang membantu mengeluarkan gas yang berlebihan pada sistem pencernaan.

3. Meredakan Rasa Sakit

Dalam Suatu penelitian yang dilakukan oleh sebuah University Of Georgia mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa konsumsi jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang disebabkan oleh olahraga hinga 25%. Dalam beberapa percobaan yang dilakukan kepada atlet olahraga yang merasakan nyeri otot selama 6 minggu berhasil menurunkan nyeri otot secara signifikan dengan mengkonsumsi jahe.

4. Mengurangi Terjadinya Proses Peradangan 

Proses peradangan bisa terjadi karena berbagai faktor seperti pola kesehatan yang buruk serta salah dalam mengkonsumsi makanan. Ternyata dalam jahe mengandung sebuah zat yakni Gingerol yang bersifat anti-inflamatori sehingga seseorang yang menderita penyakit seperti reamtik, pembengkakan serta osteoarthritis karena tak hanya mampu meredakan rasa sakit juga dapat mengurangi proses pembengkakan pada bagian rasa sakit.

5. Mampu Menyehatkan Otak

Mengkonsumsi jahe secara teratur ternyata mampu menyehatkan otak kenapa? karena manfaat jahe yang bisa mengatasi peradangan membuat proses peradangan yg terjadi pada otak menjadi lambat sehingga otak akan meningkatkan fungsi kognitifnya serta stress yang disebabkan oksidatif penyebab penyakit Demensia akan menurun.

6. Dapat Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang terkadang membuat kita kurang percaya diri ternyata bisa kita hilangkan dengan mudah dengan cara alami yakni menggunakan parutan jahe yang ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat karena kandungan zat dalam jahe diyakini bisa membantu menghilangkan jerawat serta membuat kulit wajah menjadi lebih bersih sehat dan cerah.

7. Membantu Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Fungsi jahe yang dapat mendukung proses metabolisme, karbohidrat serta lipid dalam tubuh menjadikan jahe memiliki manfaat yang baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

8. Mengurangi Rasa Stress 

Aroma khas dalam jahe ternyata dapat membantu mengurangi rasa stress dan keteganggan dalam tubuh sehingga menjadikan fikiran dalam tubuh menjadi lebih rileks. stress bisa diakibatkan karena zat kimia nah dalam jahe terdapat kandungan zat bernama gingerol yang dapat membantu menghilangkan zat kimia berbahaya dalam tubuh.

9. Dapat Menurunkan Berat Badan

Ternyata Ketika kita meminum wedang jahe panas setiap habis makan dapat menjadikan kita merasa kenyang lebih lama, karena jahe juga bisa mengurangi nafsu makan. Dikutip dalam sebuah Jurnal yakni British Journal Of Nutrition menyimpulkan bahwa jahe mampu mengendalikan kolestrol dan kadar gula dalam darah sehingga meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga lebih efektif dalam membakar lemak.

10. Dapat Menutrisi Rambut Serta Mencegah Ketombe Dan Rambut Rontok

Jahe dapat menutrisi rambut yakni dengan menggunakannya sebagai masker rambut dengan campuran minyak zaitun atau bisa juga dengan minyak kelapa dan bawang putih campurkan jadi satu  kemudian oleskan ke kepala dan rambut tunggu 10-20 menit kemudian bilas lakukan minimal sekali dalam seminggu. Karena kadar jahe yang dapat melancarkan aliran darah ke kulit kepala, menutrisi rambut serta merangsang pertumbuhan rambut sehingga tidak mudah kering dan rontok.

11. Mencegah Penuaan Dan Menghaluskan Kulit

Jahe mengandung zat antioksidan sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dapat meminimalisir kerusakan dalam kulit. Dengan mengoleskan irisan jahe bisa juga dihaluskan dan menggosokannya ke kulit selama 1-2 kali dalam seminggu karena jahe sendiri dipercaya di berbagai negara seperti cina dan Indonesia sebagai pengobatan kecantikan kulit dan mencegah  penuaan dini.

12. Melegakan Gatal Pada Tenggorokan 

Jahe yang kita konsumsi ketika hangat dengan dibuat wedang jahe ternyata mampu menghilangkan gatal di tenggorokan karena batuk ataupun karena penyakit pernapasan serta efek hangat pada jahe mampu melegakan tenggorokan.


Wah ternyata jahe yang selama ini kita hanya menganggapnya sebagai penghangat tubuh ketika musim dingin melanda teryata tidak hany itu saja bahkan jahe sendiri mampu merawat kulit, mengurangi berat badan serta mampu menutrisi rambut dan mencegah penuaan dini, sehingga mulai sekarang konsumsilah jahe minimal 2 kali dalam seminggu agar metabolisme dan pencernaan dalam tubuh bisa lebih terjaga.


MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN TUBUH

SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon