9 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
   Hamil adalah menjadi keinginan semua orang ketika sudah menikah, banyak orang yang setelah menikah langsung di berikan kehamilan ada juga yang menunggu 6-12 bulan, bagi ibu yang hamil anak pertama biasanya belum begitu mengerti makanan apa saja yang dilarang untuk ibu hamil serta asupan apa saja yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

    Kehamilan pada trimester pertama biasanya mengalami masa ngidam atau menginginkan sesuatu biasanya makanan yang ketika keinginan tersebut tidak diwujudkan maka ibu hamil tersebut bisa merasa gelisah, untuk itu bagi para suami harus mengerti dan jeli dalam memilih makanan selama masa kehamilan.





   Para orang tua pasti selalu ingin memberikan yang terbaik buat si kecil dalam perut, Mulai dari asupan makanan yang mengandung nutrisi, vitamin dan sumber tenaga yang dibutuhkan oleh bayi untuk proses tumbuh kembang di dalam rahim, namun si ibu harus hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi karena ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan resiko buruk bagi bayi yang ada di dalam rahim jika sang ibu mengkonsumsinya.

Perubahan yang terjadi terhadap wanita yang baru hamil biasanya memiliki banyak perubahan dari fase tidak hamil kemudian ke fase hamil akan terlihat perubahan yang drastis seperti mual, muntah setiap hari yang menjadi pertanda hamil rasa mudah lelah, mudah lapar perubahan mood yang kerap kali sulit ditebak, serta keinginan untuk memakan suatu makanan yang banyak orang menyebutnya ngidam.

Kali ini admin solusisederhana.com akan memberikan informasi tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa saja merusak ataupun berdampak buruk bagi kesehatan janin yang ada pada perut :

1. Telur Setengah Matang & Telur Mentah

   Telur memiliki bakteri salmonella yang dapat menyebabkan muntah dan diare yang parah yang bisa berdampak pada kesehatan janin, usahakan semua makanan yang dikonsumsi sudah benar-benar matang agar bakteri mati. konsumsi telur setengah matang bisa menjadikan bayi lahir prematur, sebaiknya selalu konsultasikan makanan yang baik untuk dikonsumsi seorang ibu hamil kepada ahli kesehatan seperti dokter dan ahli kandungan.

2. Ikan Yang Mengandung Merkuri

  Konsumsi ikan yang tinggi akan mercuri dapat menyebabkan gangguan pada proses sistem saraf yang ada pada janin, ikan yang kaya akan merkuri seperti Ikan Todak, Tilefish, Hiu, Marlin, Dan Ikan Tuna Bigeye. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di negara Amerika (FDA) daging ikan besar sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil tidak boleh lebih dari 12 ons per minggu karena agar terhindar dari resiko gangguan sistem saraf pada janin.

3. Buah Durian

  Ternyata kandungan yang ada pada buah durian yakni kandungan asam arachidonat dan alkohol yang bisa memicu berbagai permasalahan pada kehamilan seperti terjadi keguguran, berat badan bayi tidak normal dll.

4. Konsumsi Alkohol

  Alkohol yang ternyata dalam kehidupan ini lebih banyak memiliki manfaat buruk yang tentunya banyak dihindari terutama pada orang hamil, karena jika dikonsumsi dapat membahayakan kondisi janin yang ada dalam perut, sehingga dapat memungkinkan terjadinya bayi lahir prematur, keguguran, gangguan pada proses perkembangan otak bahkan bisa saja menyebabkan bayi meninggal dunia. Harap hindari konsumsi alkohol saat hamil jika anda ingin nyawa anda dan anak anda selamat.

5. Konsumsi Minuman Berkafein 

  Dapat kita sadari bahwa konsumsi minuman berkafein banyak di minati orang seperti kopi, teh, Cokelat, Soda untuk sekedar merelaksasi sesaat namun untuk ibu hamil konsumis minuman yang berkafein diharapkan sesuai anjuran dokter dan tidak boleh berlebihan, karena jika berlebihan dapat menyerap kadar zat besi dalam tubuh terganggu sehingga janin tidak dapat asupan zat besi yang cukup dan menyebabkan berat badan pada bayi menurun.

6. Sushi

  Sushi banyak kalangan orang yang suka mengkonsumsi sushi, sushi sendiri tidak steril karena tidak di masak hal ini menyebabkan bakteri yang ada pada makanan seperti salmonella, toxoplasma dan e.coli yang berbahaya bagi kondisi janin yang ada pada perut, bisa menjadikan pembengkakan cairan pada saraf kepala janin sehingga menjadikan ukuran kepala bayi menjadi lebih besar daripada umumnya.

7. Keju

   Keju sendiri memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh, namun konsumsi keju yang berlebihan dan tidak dulu di pasteurisasi yakni bahan dasar susu nya tidak dipanaskan dengan suhu 60 Derajat Celcius sehingga bakteri yang terkandung dapat berbahaya bagi ibu hamil.

8. Tape

  Tape sendiri bukan lagi makanan asing bagi kita banyak orang baik di pedesaan ataupun dikota yang mengkonsumsi tape, tape sendiri adalah hasil dari fermentasi singkong dengan menggunakan ragi. bagi ibu hamil konsumsi makanan yang sudah di fermentasikan tidak baik untuk kesehatan janin karena makanan dan minuman yang di fermentasi mengandung alkohol yang tinggi dan tidak baik buat kesehatan ibu dan janin.

9. Buah Nanas

Buah nanas mengandung sebuah zat bernama bromelain yang dapat membahayakan kondisi janin karena dapat membuat leher pada rahim menjadi lunak menjadikan tidak bisa untuk menampung perkembangan janin yang semakin lama mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan sehingga bisa berakibat fatal seperti keguguran atau cacat pada bayi karena rusaknya leher rahim lunak.

Kesehatan janin bayi dan ibu nya sangatlah penting maka dari itu jaga pola makan sehat hindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil terutama di trimester kehamilan pertama pada bulan-bulan awal dimana kondisi janin belum begitu kuat dan bisa memungkinkan keguguran ataupun yang lainnya, periksakan ke dokter secara rutin agar anda bisa memantau pertumbuhan buah hati anda di dalam perut.



MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIKONSUMSI OLEH IBU HAMIL

SALAM HIDUP SEHAT
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon